Mengapa Belajar Ilmu Ekonomi?

Pada dasarnya, Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku sistem sosial seperti pasar, perusahaan, pemerintahan, dan keluarga yang merupakan hasil dari interaksi antar lembaga dan individu. Dengan menggunakan ilmu ekonomi anda dapat mengukur dan mengevaluasi kesejahteraan individu atau masyarakat dari waktu ke waktu. Ilmu Ekonomi juga akan membantu anda untuk mengerti dengan apa yang terjadi di dunia bisnis dan akan mengajarkan anda untuk melakukan analisis dan intrepretasi data. Selain itu di program studi ini juga akan dibahas mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan sosial dan ekonomi di negara berkembang. Akhirnya, ilmu ekonomi akan menjadikan  anda sebagai seorang pengambil keputusan yang lebih baik baik di dunia bisnis maupun untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Ada banyak alasan mengapa anda harus memilih studi di bidang ilmu ekonomi dan studi pembangunan. Salah satu alasannya adalah karena anda tertarik dengan topik-topik seperti moneter, perbankan, perdagangan internasional, persaingan bisnis, atau pasar saham. Selain itu, bagi anda yang menyukai matematika dan pendekatan kuantitatif, maka anda akan menemukan bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah disiplin yang menarik dan menantang. Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang lebih menitikberatkan kepada pendekatan matematis dan analisis kuantitatif dibandingkan ilmu-ilmu sosial lainnya.

Kompetensi dan Peluang Karir

Jika anda berhasil menyelesaikan pendidikan di program studi ini maka komptenensi utama yang akan anda miliki diantaranya adalah:

  1. Mampu memecahkan masalah ekonomi dengan menggunakan penalaran analitis yang logis dan ilmiah.
  2. Menerapkan analisis ekonomi untuk berbagai macam isu ekonomi dengan menggunakan teori dasar ilmu ekonomi dan teknik dasar estimasi empiris untuk menguji prediksi ekonomi
  3. Mampu memahami dan mengevaluasi kebijakan pemerintah dan kaitannya terhadap dunia usaha.
  4. Mampu mengkomunikasikan analisis ekonomi dengan cara yang koheren di jurnal ilmiah ataupun di media masa.

Setelah lulus dari program ini maka anda akan memiliki peluang karir sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik, analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi.